Program

Tujuan Pembentukan SKA

Memberikan Layanan bagi anak-anak dan remaja dibidang hukum dan akses terhadap keadilan, anak korban trafficking, anak-anak yang menjadi korban kekerasan dan anak yang berkonflik dengan hukum seringkali mendapat perlakukan yang tidak manusiawi dan juga perlakukan sewenang-wenang dari penegak hukum. Anak-anak dari keluarga miskin seringkali diabaikan hak-haknya untuk mendapatkan rasa keadilan. PKPA juga melakukan advokasi kebijakan ditingkat lokal dan nasional untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak sesuai standart hukum internasional Hak Asasi Manusia.

KEBENCANAAN

Misi kemanusiaan untuk respon emergency dan Kesiapsiagaan Bencana yang difokuskan kepada anak-anak dan remaja. PKPA telah melakukan aksi tanggap darurat di berbagai daerah di Indonesia sejak tahun 2003. Sektor layanan tanggap darurat PKPA adalah Psikososial, Rehabilitasi Pendidikan, Layanan Kesehatan Dasar dan Perlindungan Anak. PKPA juga melakukan Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Sekolah, program ini di kembangkan di Sumatera Utara, Pulau Nias dan Aceh.

PENDIDIKAN & PELATIHAN

Anak-anak dari komunitas miskin kota (komunitas urban), anak-anak yang tinggal didaerah-daerah terisolir (remote area), anak jalanan dan anak yang berkebutuhan khusus memiliki tingkat pendidikan yang sangat rendah bahkan sulit untuk mendapatkan akses pendidikan dasar. Program yang dilakukan PKPA adalah, membuka kelas pendidikan anak usia dini untuk anak usia 2 – 5 tahun, bantuan beasiswa untuk akases pendidikan dasar bagi anak usia 6-15 tahun, vocational training dan kewirausahaan bagi remaja putus sekolah usia 13 – 18 tahun.

PROMOSI HAK ANAK

Masing tingginya kasus-kasus kekerasan fisik dan seksual terhadap anak dan remaja dilingkungan keluarga, sekolah dan ruang publik. Dampak dari kekerasan tersebut adalah terhambatnya tumbuh kembang anak, menyebabkan trauma berkepanjangan dan terasing dari lingkungan sosial terutama anak-anak yang mengalami eksploitasi seksual dan traffciking. Untuk melakukn promosi dan penyadaran hak anak kepada masyarakat PKPA mengembangkan program Pendidikan Sebaya Remaja, Pembentukan organisasi-organisasi anak dan remaja, Kampanye melalui Film Anak, Teather Rakyat, Pelatihan Hak Anak bagi Jurnalis dan Organisasi Masyarakat Sipil.