PIKIR

PIKIR adalah sebuah lembaga Nirlaba yang peduli dan konsern terhadap permasalahan remaja yang berdiri pada tanggal 23 Juli 2001 bertepatan dengan Hari Anak Nasional. PIKIR menyediakan semua informasi seputar Kesehatan Reproduksi, Infeksi Menular Seksual (IMS), HIV-AIDS, Narkoba, Jender dan Hak-Hak Perempuan serta Informasi Hak-Hak Anak. Kegiatan yang dilakukan PIKIR yaitu : Diskusi dan Pelatihan, Talkshow Radio, Konsultasi, Lintas Alam, Penerbitan Buletin Siswa, Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN), Aksi Kampanye (Hari AIDS Sedunia/HAS), dan masih banyak kegiatan lainnya.

Sampai saat ini PIKIR sudah ada di sekolah-sekolah 4 daerah Sumatera Utara yaitu Medan, Langkat, Deli Serdang dan Serdang Bedagai.

Kegiatan PIKIR saat ini juga menjangkau dan mendampingi teman-teman IDU (Injecting Drug User) untuk pencegahan HIV/AIDS melalui program HARM Reduction di Tiga daerah yaitu Medan, Deli Serdang, dan Simalungun.

Visi PIKIR

  • Mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender bagi pemenuhan hak reproduksi dan seksual anak remaja bersekolah.

Misi PIKIR

  • Meningkatkan kesadaran hak reproduksi dan seksual anak remaja bersekolah di Sumatera Utara
  • Tersedianya akses informasi dan layanan kesehatan reproduksi dan seksual bagi anak remaja bersekolah di Sumatera Utara.
  • Terimplementasinya hak partisipasi anak atas penanganan persoalan seksualitas dan jender di Sumatera Utara.